Trik Ampuh Amankan Data Penting & Password Anda

cara membuat password, cara meningkatkan keamanan, trik membuat password

Trik Ampuh Amankan Data Penting & Password Anda, cara membuat password, cara meningkatkan keamanan, trik membuat password

Trik Ampuh Amankan Data Penting & Password Anda

Tips & Trick, Membuat dan mengamankan data – data penting merupakan suatu keharusan yang memerlukan penataan khusus / Trik Ampuh Amankan Data Penting & Password Anda, agar tidak menjadi bumerang bagi anda sendiri pada suatu saat nantinya. Ya, mungkin diantara anda ada yang pernah mengalami hal – hal yang dimana anda benar – benar memerlukan data tersebut, namun karena fikiran sedang tidak fokus, baik karena sedang sibuk karena pekerjaan atau pun memang karena faktor “U”, alias faktor usia 🙂

Password atau kata sandi merupakan kunci pintu masuk utama dalam mengakses suatu akun kita dalam sebuat database. Karena sangat penting nya data tersebut, sehingga tidak jarang menjadi sasaran peretasan dari orang – orang yang tidak bertanggungjawab, yang memiliki niatan jahat guna meraih dan mengambil keuntungan dari pemiliki akun yang di retasnya, baik berupa ancaman moriil hingga materiil, yang tentu akan sangat merugikan pihak yang diretas.

Lalu bagaimana cara kita meminimalisir kejahatan tersebut?

Berikut beberapa Trik Ampuh Amankan Data Penting & Password Anda yang perlu kita maksimalkan, yakni :

  • Pastikan selalu, kondisi perangkat yang kita gunakan, PC atau smartphone, dalam kondisi yang aman, terbebas dari virus perangkat atau malware yang akan mencuri data – data kita dengan tanpa sepengetahuan kita. Lakukan senantiasa update produk, apabila ada notifikasi. Update tentu merupakan bentuk peningkatan dalam pelayanan dari si pemilik software atau perangkat lainnya dan juga menjadi jaminan keamanan dari sistem yang ada.
  • Gunakan software anti virus atau anti malware yang berbayar guna meningkatkan keamanan PC / smartphone anda. Ada beberapa software antivirus seperti : Symantec, Nod32, Kaspersky, 360 security, SmadAv, dan lain – lain.
  • Buatlah password dengan kombinasi unik, lebih dari 8 karakter dan mudah diingat tentunya.

Bagaimana caranya?

Anda cukup tentukan hal – hal atau data – data yang sangat anda ingat atau saat ada sesuatu keperluan, anda dengan mudah mengingatnya.  Misal : anda gunakan kombinasi “nama panggilan mesra pasangan anda, misal : Ayang”, ditambah “Tanggal Nikah, misal : 17” , ditambahkan “tahun lahir anak pertama anda, misal : 12”, ditambahkan singkatan nama anda, misal “Budi” dan nama istri “Nina” , ditambahkan tanda ““ , ditambahkan dengan “Nama Data/Website” anda dan ditutup dengan tambahan karakter bebas, misal “?#”, tidak lupa, anda juga menggunakan awalan huruf besar di setiap awal kata. Maka jika di simpulkan, password anda menjadi :

Ayang1712BN-GmailCom?#

Setelah anda dapatkan kombinasi password unik anda dan anda yakin asal usul pembuat password tersebut merupakan hal – hal yang paling mudah diingat, selanjutnya, anda tinggal tentukan “kata kunci” mana yang akan menjadi pembeda password untuk disetiap akun / data anda di tempat lainnya.

Kita misalkan, password diatas, merupakan password dari akun email anda di layanan Gmail.com , maka, boleh saja, jika anda mempunyai email akun di Yahoo.co.id juga.  Anda cukup mengganti “…GmailCom…” di kombinasi password anda dengan “YahooCoId” sebagai tempat akun email anda di yahoo. Sehingga, password email yahoo anda menjadi :

Ayang1712BN-YahooCoId?#

Begitu dan seterusnya.

Perlu juga anda sadari, bahwa setiap data apapun yang pernah kita share atau berikan di dunia internet atau fasilitas publik lainnya, jangan harap data anda akan aman 100%, karena data – data yang telah diberikan tersebut, sudah bukan dalam pengawasan anda lagi, yakni sudah menjadi milik pihak ketiga. Oleh kerena itu, dalam setiap membuka suatu akun, anda juga harus membaca dengan seksama tentang aturan dan kesepakatan pemakaian layanan publik tersebut, sehingga anda bisa meminimalisir kebocoran data.

Mungkin bisa saja, tanpa anda sadari, di dalam kalimat perjanjian pakai fasilitas publik tersebut, ada berbunyi kalimat “…saya menyetujui untuk menerima informasi iklan atau promo lainnya dari merchant yang telah bekerjasama dengan kami…” , jika demikian, berarti data anda, sudah tidak di satu tempat saja, atau dalam kata lain, data anda telah di jual oleh pemilik layanan yang anda menjadi member di dalamnya.

Lalu bagaimana menyikapi hal ini?

Ya tentu kembali kepada anda sebagai pemakai, jika anda memang benar – benar membutuhkan jasa layanan publik tersebut dan layanan tersebut sudah terpercaya keamanan dan juga layanannya (track & record-nya), kenapa tidak untuk anda gunakan?  Anda memberikan data anda dan anda menikmati fasilitas gratis, fair bukan?

Tetap lakukan keamanan dengan apa yang bisa anda lakukan, termasuk saat anda “Login” di perangkat lain, yang bukan milik anda / milik publik. Lakukan selalu “Logout” sebelum anda meninggalkan tempat tersebut.

Terimakasih telah membaca artikel Trik Ampuh Amankan Data Penting & Password Anda, nantikan artikel tips & trick dari kami selanjutnya. Apabila anda merasa artikel ini bermanfaat dan ingin berbagi juga dengan teman atau orang lain, silahkan bagikan, dengan mengklik ikon share yang ada dibawah artikel ini.

Salam Kemitraan,

MitraRIMA.Com

Terima kasih telah berbagi Informasi Bisnis ini via :